Halaman

Rabu, 18 Desember 2013

DUNIA NYATA VS DUNIA MAYA

Hello sob,,, gimana kabar lo semua ? masih galau atau sudah move on ?
ah,,, galau sekarang nggak jaman menn,,,, yang baru diputusin pacar sudah cari lain lagi, dunia nggak selebar daun kelor bro :D
oh oke ginii, kali ini gue akan share ke kalian semua tentang pengalaman gue di dua dunia gue. yaitu dunia nyata dan dunia ghaib. hehe. eh salah ya ? sori maksud gue dunia nyata dan dunia maya. seperti yang kita semua tahu, dunia nyata adalah tempat atau media yang menampung semua makhluk-makhluk nyata seperti kita manusia dan makhluk-makhluk nyata lainnya. terlepas dari makhluk astral loh ya, karena makhluk astral seperti sobat lo si hantu itu sudah masuk ke duni ghaib. hee sori garing. dan dunia maya itu tempat atau media dimana kita sang makhluk nyata terkhusus untuk manusia untuk mengekspresikan seluruh pikiran dan isi hatinya sehingga dapat terekspos bebas dan dunia bisa tahu semua curahan hati dan pikiran lo. wah canggih ya sob. jaman mak gue dulu aja masih pakek kertas atau diary istilah gaulnya. nah sekarang jaman gue kita bebas mengekspresikannya lewat status di facebook, twitter, atau posting di blog kayak gue, dll. lalu apa sih manfaatnya kita berkecimpung dengan dunia maya ? sebenarnya banyak sih manfaat yang kita dapat dari dunia maya, kita bisa mencari informasi yang tidak ketahui di situ. kita bisa mengetahui kabar dunia, kita bisa search di mbah google tentang peluang-peluang beasiswa yang kini sedang menanti kita, dan kita bisa search tentang langkah-langkah atau cara-cara membuat sesuatu, and many more. namun itu pinter-pinternya lo aja sih memanfaatkan itu. gue mau cerita sebentar tentang manfaat internet yang pernah gue rasakan. dulu, gue pengen banget yang namanya pergi ke luar negeri. tapi gue nggak tahu caranya sob. nah untuk itu karena gue punya fasilitas laptop dan modem di rumah, gue mulai search deh tentang peluang-peluang beasiswa yang mungkin akan gue dapet supaya gue bisa ke luar negeri. nah, ternyata ada sob dari AFS BINA ANTARBUDAYA yang memberikan peluang gue buat ke luar negeri. nah, temen-temen gue nggak ada yang tahu tuh. yaudah gue ikutin aja seleksinya sendiri. dan alhamdulillah lolos sampai ke tahap-tahap selanjutnya. sampai gue pergi ke surabaya sendiri. untung ada sahabat SMP gue yang ikutan dan alhamdulillah lolos juga. namun sayang, nasib berkata lain perjuangan kita harus terhenti sampai di tahap ketiga. tahap hampir akhir sih. namun meskipun gue gagal, gue sudah cukup seneng karena gue dapet banyak ilmu dan temen dari ajang seleksi tersebut. nah, dari situ gue bisa merasakan manfaat dari internet yang sesungguhnya. dan lagi dengan internet gue sering googling tentang situs-situs yang menurut gue menarik dan paling sering mengeluarkan berita aktualnya. situs yang paling sering gue buka tuh www.voa-islam.com dan www.eramuslim.com ya karena gue orang muslim sob jadi gue searchnya tentang berita-berita yang booming di islam. seperti kasus palestina, suriah, muslim rohingya di myanmar. gue baca semua tuh beritanya. kadang hati gue jadi ikut miris, dan gue juga ikut berpikir akan berita itu. intinya dengan seringnya kita mencari-cari berita seperti itu otak kita dilatih untuk berpikir dan hati kita juga diajak untuk ikut merasakan akan keadaan yang sedang terjadi diluar sana.
namun nggak heran juga sob, banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan dari dunia maya. sebenarnya sih itu bukan salah dari si dunia maya. namun usernya yang salah menggunakan dunia maya. mereka tidak bisa mengambil manfaat dari dunia maya. seperti temen gue yang selalu update status galau di socmed. like facebook and twitter. kayak gini nih isi statusnya "aku kangen sama kamu sayang. aku nggak bisa hidup tanpamu". haha alay banget sih. dan lagi yang menyukai hampir 50 orang bro dan yang mengomentari antara 30-100 gitu. wowww tuh orang kurang kerjaan banget mungkin yaa. ada lagi "aku laper, aku haus". nah ini yang lebih gila lagi, namanya laper, haus yaudah makan ngapain update status. aduuuuhhhh... mungkin ini salah satu penyalahgunaan dunia maya. banyak orang gila dan salah alamat. ckck. dan lagi waktu musimnya pelajar lagi ujian atau banyak PR. banyak yang update " aduh besok ulangan matematika. bisa nggak ya? semangat !!" "aduh PR ekonomi dan geografi menanti." nah yang bikin gue tambah heran kenapa hal seperti itu malah update. mending juga belajar, langsung kerjain tuh PR. kalau update terus kapan kelarnya, kapan bisanya? mungkin bisa dikatakan. internet pembodohan secara perlahan. tapi kembali lagi, menurut gue sih pinter-pinter usernya aja buat manfaatin internet. namun di zaman yang secanggih ini dengan banyaknya gadget dan smartphone manusia malah semakin tambah nggak smart. dan lagi gue sering menjumpai umpatan-umpatan di status seseorang. umpatan-umpatan yang nggak pantas diekspos tentunya. dan yang paling banyak mengekspos adalah dari pelajar. ini yang disebut pelajar berintegritas? pelajar yang sukanya mengumpat dan mengumbar kehidupan pribadinya di dunia maya? ckckck. It's so pathetic !
tapi nggak semua orang di socmed yang update status nggak penting seperti mereka. banyak pula temen gue yang memanfaatkan facebook ataupun twitter sebagai ajang dakwah, ajang nasehat-menasehati dan ajang share tentang informasi teraktual. nah inilah salah satu manfaat dari dunia maya. tapi sebenarnya banyak lagi sih kelebihan dan kekurangan dari dunia maya. kalau gue sebutin satu-satu lo bakalan bosen bacanya.
nah ini ada statement bahwa Internet menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. nah ini bisa dimasukkan ke dampak negatif internet. tapi ya kembali lagi kepada kalian bagaimana kalian menyikapinya dan bagaiamana kalian mencari solusi dari hal tersebut. ayo kita wujudkan bersama-sama PELAJAR BERINTEGRITAS YANG MAMPU MENGUASAI DUNIA DENGAN INTERNET !!!!!
oke sekian dari gue, maafin kalau banyak salah kata dalam penulisan. see you to next edition :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank you for your visiting :D